Minggu, 12 Januari 2014

ALGORITHM



Algoritma adalah pemecahan masalah sesuai dengan langkah-langkah yang sistematis sehingga langkah-langkah dalam penyelesaian masalah harus logis dan urut. Ada beberapa pertimbangan yang diperlukan dalam algoritma. Pertama algoritma harus benar sehingga memberikan keluaran yang benar. Yang kedua memperhatikan hasil dari algoritma yang harus mendekati dari nilai sesungguhnya.Yang ketiga, algoritma harus efisien dalam memberikan hasil.Contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari adalah cara menghubungi/menelpon seseorang menggunakan handphone. Pertama nyalakan handphone, kedua tekan nomor tujuan, ketiga tekan tombol untuk menelpon, jika diangkat mulailah pembicaraan, jika tidak diangkat coba lagi sampai diangkat dan mulai pembicaraan, jika pembicaraan selesai tutup telponnya.
Dalam penyajiannya, algoritma memilik iciri-ciri umum diantaranya
1.       Algoritma harus memiliki awalan dan akhiran
2.       Algoritma harus jelas seperti penjelasan sebelumnya mengenai hal-hal yang perlu dipertimbangkan di algoritma
3.       Algoritma harus memiliki input(masukan awal) dan output(keluaran akhir)
4.       Bersifat efektif
Dalam penyajiannya, algoritma memiliki 2 macam penyajian yaitu dengan gambar maupun dengan tulisan. Algoritma yang disajikan dengan tulisan yaitu dengan struktur bahasa tertentu (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan pseudocode. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti Pascal, atau C, sehingga lebih tepat digunakan untuk menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada pemrogram. Sedangkan algoritma disajikan dengan gambar, misalnya dengan flowchart. Secara umum, pseudocode mengekspresikan ide-ide secara informal dalam proses penyusunan algoritma. Salah satu cara untuk menghasilkan kode pseudo adalah dengan meregangkan aturan-aturan bahasa formal yang dengannya versi akhir dari algoritma akan diekspresikan. Pendekatan ini umumnya digunakan ketika bahasa pemrograman yang akan digunakan telah diketahui sejak awal. Sedangkan, untuk flowchart akan dibahas di pembahasan selanjutnya mengenai flowchart.








ALGORITMA (ALGORITHM)

Algoritmaadalahpemecahanmasalahsesuaidenganlangkah-langkah yang sistematissehinggalangkah-langkahdalampenyelesaianmasalahharuslogisdanurut.Ada beberapapertimbangan yang diperlukandalamalgoritma. 

  1. Pertamaalgoritmaharusbenarsehinggamemberikankeluaran yang benar. 
  2. Yang keduamemperhatikanhasildarialgoritma yang harusmendekatidarinilaisesungguhnya. 
  3. Yang ketiga, algoritmaharusefisiendalammemberikanhasil.
 Contohalgoritmadalamkehidupansehari-hariadalahcaramenghubungi/menelponseseorangmenggunakanhandphone. Pertamanyalakanhandphone, keduatekannomortujuan, ketigatekantomboluntukmenelpon, jikadiangkatmulailahpembicaraan, jikatidakdiangkatcobalagisampaidiangkatdanmulaipembicaraan, jikapembicaraanselesaitutuptelponnya.

Dalampenyajiannya, algoritmamemilikiciri-ciriumumdiantaranya
1.       Algoritmaharusmemilikiawalandanakhiran

2.       Algoritmaharusjelassepertipenjelasansebelumnyamengenaihal-hal yang perludipertimbangkan di algoritma

3.       Algoritmaharusmemilikiinput(masukanawal) dan output(keluaranakhir)

4.       Bersifatefektif

Dalam penyajiannya, algoritma memiliki 2 macam penyajianya itu dengan gambar mau pun dengan tulisan.Algoritma yang disajikan dengan tulisanya itu dengan struktur bahasa tertentu (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan pseudocode. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti Pascal, atau C, sehingga lebih tepat digunakan untuk menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada pemrogram. Sedangkan algoritma disajikan dengan gambar, misalnya dengan flowchart.Secara umum, pseudocode mengekspresikan ide-ide secara informal dalam proses penyusunan algoritma. Salah satu cara untuk menghasilkan kode pseudo adalah dengan meregangkan aturan-aturan bahasa formal yang dengannya versi akhir dar ialgoritma akan diekspresikan. Pendekatan ini umumnya digunakan ketika bahasa pemrograman yang akan digunakan telah diketahui sejak awal. Sedangkan, untuk flowchart akan dibahas di pembahasan selanjutnya mengenai flowchart.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar